Senin, 19 April 2010

COBA - COBA INOVASI


Bila usaha sudah berjalan, dan kelihatannya hanya memiliki kemajuan datar, apa ya enaknya?


Paling enak memang kita lakukan ekspansi usaha. Tadinya hanya Lapak, menjadi punya Toko. Namun berhubung punya Toko modalnya tidak sedikit, saya coba untuk bermain dengan mengutak-atik kondisi yang ada.


Item jualan saya adalah : kaos dan batik. Kaos untuk dewasa dan anak-anak. Karena space terbatas, kaos anak-anak menjadi sulit terlihat. Selama ini saya menggunakan media kaca mobil untuk pamer barang, dan saya melihat masih ada bagian dari mobil yang masih kosong dan dapat dipergunakan : atap.


Saya menggunakan 2 (dua) buah kursi plasik bakso untuk sarana tempat menggantung tali yang diletakkan di kanan dan kiri. Tali rafia yang saya bentangkan tersebut saya gunakan untuk menggantung kaos anak-anak.


Sabtu jam 8 malam, saya coba jajal pasang sana-sini. Naik turun naik turun, cukuplah untuk membuang kalori. Kegiatan lapak memang efektif membuat kurus. Hasilnya bisa kita lihat besok minggu..


Tetangga lapak saya bilang : Busyet... Pajang semua...
Ibu saya bilang : Kayak jemuran rumah susun...
Saya bilang : Namanya juga usaha... (tawakal dot com)

Bagaimana dampaknya pada penjualan?

Terus terang jawabannya : Nggak ngaruh!
Bahkan tidak satupun kaos anak yang terjual hari itu. Hiks!

Mengapa? Mungkin karena barang yang dipajang adalah untuk konsumsi anak-anak, sementara peletakannya terlalu tinggi. Jadi anak-anak tidak bisa lihat bahwa di atas sana ada Spongebob lho... Dan karena pengunjung dimungkinkan untuk melintas cepat, jangkauan pandang hanya yang datar2 saja... jadi meletakkan di atas, dianggap mubazir...

Tidak apa-apa, minimal beberapa ratus kalori pasti terbuang hari itu.
Dan hitungan kegagalan saya masih jauh dibanding Thomas Edison. Bahkan kalo Bill Gates tahu, mungkin dia akan call saya, karena kabarnya dia suka meng-hire orang2 yang pernah merasakan kegagalan tapi tetap semangat.

Minggu depan saya, sudah punya rencana untuk mulai cari inovasi baru : ekspansi waktu dan tempat ngelapak..

Bismillah...














1 komentar:

  1. Bu Agnes saya salut atas semangat dan inovasinya!
    semoga sukses
    Salam KOMPAK

    BalasHapus